Rabu, 17 Agustus 2011

Pengambilan Data Dengan Tes

Pengumpulan data evaluasi dengan tes dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain

  1. buka buku versus tutup buku
  2. tes diumumkan versus tes dirahasiakan
  3. tes lisan atau tes tertulis
  4. tes tindakan atau praktik
Tes buku buka (open books test) artinya penyelenggaraan tes yang memperbolehkan testee untuk membuka buku, menggunakan kalkulator, menggunakan tabel, ataupun menggunakan kamus. keuntungan penyelenggaraan tes model ini testee tidak terasa tegang dalam menghadapi tes, menghilangkan kemungkinan testee untuk melakukan tindakan curang (menyontek). Keterbatasannya testee akan malas membaca buku atau catatan dengan alasan dalam ujian akan bebas melihat buku atau catatan

Tes tutup buku (closed books test) artinya penyelenggaraan tes yang tidak memberi kesempatan pada testee untuk membuka buku, menggunakan kalkulator, menggunakan tabel ataupun menggunakan kamus. keuntungan dari tes ini adalah membiasakan para testee untuk memahami isi buku atau catatan yang dimiliki. keterbatasan tes bentuk ini ada kemungkinan bagi testee yang malas belajar cenderung melihat pekerjaan temannya (nyontek)

Tes diumumkan artinya pelaksanaan tes yang telah diumumkan terlebih dulu sebelum tes diselenggarakan. pada umumnya para ahli psikologi kurang setuju terhadap penyelenggaraan tes yang tidak diumumkan terlebih dahulu (dirahasiakan). Namun pelaksanaan tes yang dirahasiakan masih dapat memenuhi tujuan tes tertentu, karena memiliki kelebihan antara lain :
  1. dapat mengukur pengetahuan siap yang dimiliki oleh testee
  2. dapat memotivasi/meningkatkan usaha belajar secara terus-menerus
  3. dapat digunakan sebagai alat disiplin belajar
Tes lisan adalah tes yang diselenggarakan secara lisan, artinya pertanyaannya diajukan secara lisan dan jawabannya juga secara lisan. Tes tertulis adalah tes yang tertulis dan dijawab secara tertulis juga. kekuatan tes tertulis adalah kemampuan memilih kata-kata, kekayaan informasi, kemampuan berbahasa, kemampuan memadukan ide-ide dan proses berpikir peserta tes dapat dilihat dengan nyata. adapun keterbatasannya khusus untuk tes bentuk essai menuntut tugas peserta tes yang terlalu berat. keuntungan tes secara lisan dapat dilaksanakan secara individual sehingga lebih cermat dan dapat dilakukan probing sehingga penguji mengetahui persis dimana posisi hasil belajar peserta didik yang bersangkutan. adapun keterbatasan tes lisan kurang ekonomis, objektivitas penilaian tidak terjamin.

Tes tindakan atau praktik adalah tes yang mengharapkan seorang testee melakukan tindakan tertentu. keuntungannya terjadi pengecekan terhadap terbentuk atau tidaknya keterampilan yang dirumuskan dalam tujuan instruksional khusus, sedangkan keterbatasannya tidak semua bahan dapat diujipraktikan



RELATED ARTICLE


0 komentar:

Senin, 7 Juli 2014
Grab this Widget ~ Blogger Accessories